Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Makassar

CAPAIAN PRODI

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

Capaian pembelajaran yang diharapkan akan dicapai oleh lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan dibagi menjadi 4 (empat) ranah capaian pembelajaran, yaitu (1) sikap, (2) pengetahuan, (3) keterampilan umum, dan (4) keterampilan khusus. Uraiannya sebagai berikut.

 

NO. DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN
Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika akademik;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasayarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S11 Memahami dirinya secara utuh sebagai sarjana pendidikan
S12 Mampu beradaptasi, bekrjasama, berkreasi, berkonstribusi dan berinovasi  dalam menerapkan ilmu pengethauan dalam kehidupan bermasayarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
S13 Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami, arti plagiarisme, jenis – jenisnya dan upaya pencegahannya serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.
S14 Mengiternalisasi sikap apsresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai- nilai sosial budaya yang berkembang dimasyarakat.
Keterampilan Umum
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme;
Keterampilan Khusus
KK1 Mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan teknologi pendidikan sesuai dengan konteks dan perubahan zaman;
KK2 Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran baik pendidikan formal dan nonformal;
KK3 Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah dalam bidang teknologi pendidikan;
KK4 Mampu menjadi trainer handal dan dapat merencanakan, mengelola dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) dalam masyarakat.
KK5 Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/kesanggupan melakukan penelitian, mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan bidang teknologi pendidikan dan menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta.
KK6 Mengelolah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KK7 Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pengembangan ke ilmuan dan implementasi  bidang ke ahlian
KK8 Menganalisis konsep teoritis teknologi pendidikan secara mendalam;
KK9 Menyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan;
KK10 Menerapkan konsep teoretis pembelajaran, yang meliputi kemampuan: (1) mendesain program pembejalaran, (2)merencanakan proses pembelajaran, (3)dan melaksanakan proses  pembelajaran;
KK11 Menerapkan model dan strategi pembelajaran inovatif;
KK12 Menerapkan etika pofesi teknologi pendidikan.
Pengetahuan
P1 Mampu menguasai dan memahami konsep teoretis pendidikan secara umum dan konsep teoretis dan praktis teknologi pendidikan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan;
P2 Mampu menyelenggarakan pembelajaran bidang multimedia serta teknologi informasi dan komunikasi menggunakan strategi pembelajaran inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis;
P3 Mampu memilah dan memilih serta mengelolah sumber belajar dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didik;
P4 Menguasai metodologi penelitian dalam bidang teknologi pendidikan;
P5 Menguasai keterampilan kerja dan manajemen sumber belajar untuk semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan.
P6 Mampu menjadi trainer handal dan dapat merencanakan, mengelola dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) dalam masyarakat.
P7 Mampu mengembangkan potensi diri dan kelompok dalam bidang teknologi pendidikan, kewirausahaan, untuk keperluan penunjang tujuan pembelajaran.
P8 Melakukan pendalam bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan zaman.
P9 Menguasai konsep teoretis pembelajaran; Khususnya desain, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran;
P10 Menguasai konsep umum dan pengetahuan operasional model dan strategi pembelajaran inovatif;
P11 Menguasai konsep umum dan pengetahuan operasional media pembelajaran dan sumber belajar;
P12 Menguasai wawasan etika pofesi teknologi pendidikan;
P13 Menguasai konsep teoritis dan evaluasi dan pengembangan kurikulum  dan konsep pengetahuan yang sesuai dengan lingkup tugasnya
P14 Menguasai landasan, pendekatan, prinsip desain dan model pengembangan kurikulum.